Tim Seni Budaya Barsel Raih Juara Dunia di Bulgaria


Ketua TP PKK Barsel Hj Erna Deddy Winarwan menerima penghargaan di Bulgaria

BUNTOK, BBNews - Sangat membanggakan, tim Seni Budaya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bersama Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan, meraih hasil fenomenal dan dinobatkan sebagai Absolute World Champion of Folklore for 2024, dalam ajang World Championship of Folklore XIV di Nessabar, Sunny Beach, St. Vlas, Bulgaria yang berlangsung sejak 28 Agustus - 1 September 2024.

Kegiatan tersebut merupakan penugasan dari Pj Bupati Barsel Dr. H. Deddy Winarwan, MS.i, CGCAE, CRGP dalam rangka mewakili Indonesia, berdasarkan surat undangan dari Director of European Association of Folklore Festivals (EAFF), bekerjasama dengan World Association of Folklore Festivals (WAFF). 


Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan menampilkan beberapa Tarian Tradisional antara lain Tari Wadian Dadas, Tari Wadian Bawo, Tari Wurung Tiung, Tari Wurung Juwe, Tari Gunung Perak, Tari Bulat, Tari Apai Lawai serta tarian lainnya yakni Tari Rakyat. 

Dihubungi wartawan via pesan whatsapp, Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan, menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas prestasi tersebut. 

“Alhamdulillah kita bersyukur, Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan dinobatkan sebagai Absolute World Champion of Folklore for 2024, sekaligus mendapat Juara Dunia (Juara I) dalam World Championship of Folklore XIV di Bulgaria,” ucap Deddy.


Ia menerangkan, pencapaian posisi Juara Dunia dalam World Championship of Folklore XIV di Bulgaria oleh Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan merupakan fakta fenomenal. 

"Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Barito Selatan menjadi Juara Dunia dalam pentas Internasional, dan tentu saja telah membawa nama baik daerah Barsel dan Kalteng di level Internasional,“ ungkap Deddy.

Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan mengatakan, bahwa dirinya beserta seluruh Masyarakat Barito Selatan sangat bangga dan memberikan apresiasi dengan pencapaian posisi Juara Dunia tersebut. 

"Tentu saja pencapaian prestasi ini merupakan peningkatan capaian prestasi yang luar biasa dari tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2023 dimana Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh meraih posisi Runner Up atau Juara II pada kegiatan Internasional yang sama dan berlangsung di India," terang Deddy Winarwan.

Sementara itu Ketua Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan  Bapak Rustamaji yang dikenal dengan panggilan “Kutus”  menambahkan, bahwa anggota dan personel Tim Seni Budaya Pemkab Barito Selatan beserta Sanggar Ranu Mareh Mabuan sangat bangga atas kepercayaan mewakili Indonesia dalam mengikuti World Championship of Folklore XIV di Bulgaria. 

"Tentu saja pentas internasional ini menjadi ajang dan kesempatan untuk menampilkan dan mempromosikan budaya dan tarian suku Dayak Barito Selatan ke negara-negara lain dari 4 (empat) benua di dunia," ujarnya.

Ia berharap, agar masyarakat Internasional mengetahui dan bisa mengenal adat istiadat maupun tarian rakyat bangsa Indonesia dan secara khusus tarian rakyat Dayak Kalimantan Tengah, serta bersyukur atas pencapaian prestasi ini kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami telah mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada terkait menampilkan tarian rakyat Dayak Kalimantan Tengah. Harapan kita agar masyarakat Internasional mengetahui dan bisa mengenal adat istiadat maupun tarian rakyat bangsa Indonesia, dan secara khusus tarian rakyat Dayak Kalimantan Tengah, dan kami bersyukur atas pencapaian prestasi ini kepada Tuhan YME,” tutup Kutus. (RED1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak