Dinas PUPR Barsel Bakal Lakukan Pembinaan Perangkat Desa

 

Hawinu saat di bincangi awak media di ruang kerjanya

BUNTOK, BBNews  – DPUPR Barito Selatan bakal melakukan pembinaan tenaga pelaksana konstruksi di Desa. Hal tersebut disampaikan Kabid Bina Jasa Konstruksi, Hawinu. Kamis (12/9/24

“Kita bakal melaksanakan pembinaan bagi tenaga pelaksana konstruksi di setiap desa pada tahun 2024 ini,” kata Hawinu.

Ia mengatakan pihaknya melihat selama ini di desa perlu pendampingan dan pembinaan khususnya terkait pembangunan atau konstruksi. Sehingga tenaga pelaksana konstruksi desa bisa memiliki kompetensi tentang konstruksi lebih baik lagi, karena tenaga pelaksana kontruksi ini ada disetiap desa, dan mereka lah yang melaksanakan pekerjaan swakelola.

“Selama ini tidak semua hasil pekerjaan mereka baik. Ada yang baik, tetapi tidak sedikit yang kurang atau tidak sesuai dengan standar. Maka dari itu perlu pelatihan,” ucap dia.

Ia menyampaikan tugas pihaknya hanya memberikan pembinaan serta meningkatkan sumber daya manusia, sehingga para tenaga pelaksana konstruksi desa mempunyai pengetahuan. Intinya tugas pihaknya memberikan pengetahuan-pengetahuan tentang konstruksi yang sederhana sehingga mereka mampu menyerapnya.

Menurut dia, pihaknya juga telah melakukan penjajakan dengan Universitas Palangka Raya, pihak universitas memberikan tanggapan yang positif.

“Mereka melihat hal ini belum pernah dilakukan, dan bisa jadi di Kalteng belum pernah dilakukan,” kata dia.

Jika tidak ada halangan, kata  dia, pada oktober 2024 sudah dilaksanakan perjanjian kerja sama atau PKS dengan fakultas teknik Universitas Palangka Raya.

“Karena kami menginginkan pekerjaan yang dilaksanakan Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun Desa standarnya sama dan tidak ada gap dengan selogan Konstruksi Berdaya Barselku ‘MANUWU’ (Manuwu artinya : Mantap, Aman, Nyaman, Akuntabel, Swadaya dan Berkelanjutan,” tutup Hawinu. (Red1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak