Legislator ini Sebut Dokumen Arsif Bahan Pertanggungjawaban

 


Buntok, BBNews – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel mengatakan, selayaknya selaku pelayan masyarakat atau pegawai negeri sipil (PNS)  di lingkungan Pemerintah Daerah Barito Selatan (Barsel) jangan sama sekali menganggap remeh sebuah arsif.

Sebab dokumen arsip sangat  di perlukan untuk bahan pertanggungjawaban maupun bahan apa bila kembali diperlukan,” kata Rusinah Andelen anggota DPRD Barsel, Kamis 27 Juni 2024.

Rusinah Andelen mengatakan, tidak hanya para PNS yang mengaggap remeh arsif, namun Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) diminta juga harus memperhatikan arsif, baik berbukti tertulis maupun berupa softcopy.

"Karena itulah arsip merupakan hal yang sangat penting dan diharapkan Pemkab Barsel gencar melakukan imbauan dan sosialiasi, sehingga para PNS sungguh – sungguh  melakukan pengarsifan,”pintanya.

Politisi wanita dari Nasdem Barsel mengatakan,  masing masing intansi, seharusnya sudah memiliki arsif yang lengkap, sehingga apabila di perlukan tidak perlu kesulitan lagi mencari.

"Begitu juga saat adanya pergantian pucuk pimpinan di intansi dan ketika pimpinan meminta arsif, maka dengan mudah bisa ditemukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pembinaan sumber daya aparatur kearsipan di lingkungan badan/kantor/unit satuan kerja Pemerintah Kabupaten Barsel, harus rutin dilaksanakan, yang pada gilirannya akan menjadi ilmu bagi para pegawai itu.

"Dengan telah di berikan pembinaan, nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sehingga arsip sebagai sumber informasi dapat memberikan kontribusi terhadap terwujudnya pemerintahan yang bersih dan transparan,”ujarnya.(AW)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak