Umat Hindu di Barito Selatan Menggelar Darma Santi di Taman Iring Witu


Foto bersama tokoh agama Hindu dan sejumlah pejabat lingkup Barsel dalam puncak perayaan Nyepi, Kamis (02/05/2024).

BUNTOK, BBNews –  Pada puncak peringatan Hari Raya Nyepi, ratusan umat Hindu di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar Dharma Santi Tahun Saka 1946/Tahun 2024 Masehi di Taman Iring Witu Buntok, Kamis (02/05/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Kepala Dinas (Kadis) Perkimtan Barsel Bennie S Mahar mengapresiasi seluruh umat yang terus bahu - membahu untuk mengangkat nilai kebaikan dan kebenaran sebagaimana yang ada di dalam filosofi “Sat Cit Ananda”.

Sijelaskan, perayaan Nyepi tahun ini mengangkat tema “Sat Cit Ananda Untuk Indonesia Jaya”. “Sat” memiliki makna kekal, “Cit” bermakna penuh pengetahuan, dan “Ananda” bermakna penuh kebahagiaan.

“Untuk kita ketahui bersama, bahwa tujuan akhirnya adalah mencapai kebahagiaan,” katanya.

Bennie Mahar menambahkan, Pemerimtah Kabupaten Barsel telah mengambil beberapa kebijakan dalam pembinaan kehidupan umat beragama. Antara lain, kebijakan di bidang anggaran, yaitu melalui pengalokasian dana hibah, baik untuk pembangunan fisik peribadatan maupun pembangunan mental spiritual masing-masing pemeluknya.

Dikatakan pula, bahwa Pemerintah Daerah telah membuat kebijakan dalam program melaksanakan Safari untuk seluruh agama. Tak terkecuali Safari Nyepi oleh pemerintah daerah untuk umat agama Hindu yang telah laksanakan pada bulan Maret 2024 yang lalu.

"Momentum Hari Suci Nyepi kita wujudkan nilai nilai keimanan dalam melaksanakan Dharma Agama, sehingga dapat diwujudkan nilai-nilai kehidupan yang damai dan tenteram, hidup rukun berdampingan sesama anak bangsa. Kondisi ini merupakan salah satu modal untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan khususnya membangun di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus, 'tutup Bennie Mahar. (Red1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak