Sebelum Mudik Lebaran Perlu Cek Kesehatan


Tri Wahyuni
BUNTOK,BBNews – Menjelang libur keagamaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, Tri Wahyuni menghimbau warga masyarakat di daerah setempat yang hendak pulang kampung atau mudik lebaran, hendaknya memperhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan dan mengecek kesehatan fisik baik untul diri sendiri dan keluarga sebelum berangkat.

“Pastikan semuanya dalam keadaan normal, jangan sampai berkendara dalam kondisi tubuh yang kurang fit, karena bisa membahayakan kita dan keluarga saat dijalan,” ujarnya, di Buntok, Jumat (5/4/2024).

Ia menerangkan, selain menjaga kesehatan, kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan, cek betul-betul kondisi fisik kendaraan yang akan digunakan, jangan sampai kendaraan tersebut dalam kondisi kurang baik, hal itu nantinya akan menimbulkan masalah pada saat dijalan, apalagi kendaraan itu digunakan untuk perjalanan jauh.

“Cek dengan benar seluruh fungsi dalam kendaraan yang akan kita gunakan untuk mudik, karena berkendara dengan kendaraan yang kurang baik dan badan tidak sehat akan sangat berbahaya bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain,” terang Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel itu.

Ia menuturkan, beristirahat apabila selama perjalananan kondisi badan mulai kelelahan, sebab berkendara dalam kondisi lelah maupun mengantuk sangat berbayaha dan meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

“Apabila mengantuk, segera cari rest area terdekat atau tempat teduh yang aman untuk beristirahat sejenak, dan segera beristirahat, jangan memaksanakan diri berkendara dalam kondisi mengantuk,” tuturnya.

Ia mengatakan, selama libur lebaran masyarakat yang hendak mudik atau pulang kampung juga harus memperhatikan kondisi rumah, karena rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong untuk beberapa hari, sebab, sebab, potensi kejahatan bisa terjadi saat rumah ditinggalkan dalam keadaan sepi, seperti aksi kejahatan pembobolan dan lain-lain.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat perlu lebih meningkatkan kewaspadaan saat meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, salah satu antisipasi yang dapat dilakulan, yakni dengan berkoordinasi dengan pengurus RT maupun tetangga sekitar untuk mengawasi lingkungan rumah yang ditinggalkan.

Ia menambahkan, sebelum berangkat pastikan kondisi rumah, baik pintu, dan jendela terkunci semua, cek aliran listik serta tabung gas pastikan semua dalam kondisi baik/normal, dan jangan meninggalkan barang-barang beharga, keadaan rumah juga harus bersih dan rapi jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan, minimal titipkan kepada sanak saudara atau tetangga, untuk menghindari potensi aksi kejahatan pembobolan rumah kosong.

“Dengan adanya kehati-hatian ini untuk mengantisipasi aksi kriminalisasi sejak dini, Insya Allah tidak akan terjadi apa-apa, untuk masyarakat Barsel yang melaksanakan mudik tahun ini, kami ucapkan semoga bisa bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman dalam kondisi suka cita dalam merayakan Idul Fitri 1445 H, serta selamat sampai tujuan, baik saat berangkat maupun saat kembali ke rumah, Amin Yarabbal Alamin,” kata Tri Wahyuni. (red.1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak