Perlu Libatkan Masyarakat Dalam Pengawasan Proyek

 

H.Raden Sudarto

BUNTOK,BBNews  – Pemerintah daerah didorong melaksanakan program pembangunan dengan mengutamakan transparansi. Artinya, dalam pelaksanaan program atau proyek pembangunan, pemda akan membuka ruang bagi keterlibatan berbagai elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan.

“Pengawasan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya korupsi dan penyalahgunaan dana pembangunan yang dapat merugikan daerah maupun masyarakat,” kata Anggota DPRD Barsel, H Raden Sudarto, Senin, 11 Maret 2024.

Dikatakannya, Pemda harus bisa memastikan semua proyek pembangunan dilaksanakan dengan tingkat transparansi dan akuntabilitas yang tinggi.

Ia menjelaskan, peran bersama pemerintah, swasta, dan masyarakat dapat memberikan dampak signifikan dalam pembangunan di Barsel yang lebih inklusif.

Melalui partisipasi aktif semua pihak, pembangunan yang merata dan berkelanjutan dapat terwujud, memberikan manfaat maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan partisipasi aktif semua pihak, kita bisa mencapai pembangunan yang merata dan berkelanjutan, sehingga bisa terwujud barsel yang maju,” katanya.

Ia juga menekankan, pembangunan yang merata hanya dapat tercapai jika semua pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan masyarakat, turut serta berpartisipasi secara aktif.

Dukungan dan keterlibatan semua pihak sebagai kunci utama untuk menghindari hambatan dalam pencapaian tujuan pembangunan yang telah dicanangkan oleh pemda.

“Tanpa dukungan dan keterlibatan semua pihak, pembangunan yang dicanangkan pemerintah dapat terhambat. Oleh karena itu, kita semua harus aktif berperan mendukung proses tersebut,” tutupnya. (S2/Red1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak