Pemerintah Harus Serius Tangani Karhutla

 

H. Sudiarto, SE

BUNTOK,BBNews   Anggota DPRD Barsel, H Sudiarto meminta agar pemerintah kabupaten setempat dapat meningkatkan upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi setiap tahunnya.

Dengan peningkatan itu, ia meyakini penanganan karhutla akan dapat dilakukan dengan maksimal. Oleh karena itu, hal ini harus bisa menjadi perhatian bersama sehingga karhutla tidak semakin membawa dampak negatif terutama bagi kesehatan.

“Kita dulu pernah mengalami kejadian kabut asap tebal akibat karhutla dan menimbulkan banyak dampak negatif. Tentu, itu tidak kita harapkan terjadi lagi, sehingga upaya penganan harus lebih ditingkatkan,” ucapnya, Senin, 11 Maret 2024.

Dalam upaya meningkatkan penanganan karhutla ini, kata Politisi PAN Barsel itu, pemerintah harus bisa mendorong seluruh elemen termasuk masyarakat untuk terlibat. Sebab, kejadian karhutla tidak hanya dapat merugikan satu kelompok saja tapi juga semua orang secara umum.

Di sisi lain, kata dia, dalam hal penanganan juga diperlukan sarana dan prasarana yang memadai serta kesiapan. Apabila memang sarana di daerah tidak memungkinkan maka perlu adanya langkah tepat untuk memenuhi sarana itu misalnya meminta bantuan pemerintah provinsi atau pusat.

“Kita pun mengajak semua pihak termasuk masyarakat agar dapat peduli terhadap kasus karhutla di Barsel ini, selain tidak membakar lahan dengan sengaja supaya juga dapat terlibat dalam hal penanganan, sehingga karhutla tidak semakin membesar,” ujarnya.(S2/Abr)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak