Kepala Dinas PUPR Barsel Menerima Aspirasi Terkait Danau Melawen

 

Kepala Dinas PUPR Barsel Dr Ita Minarni ST MM

Buntok, BBNews – Guna mengkonfirmasi aspirasi masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ita Minarni menegaskan bahwa program normalisasi Danau Malawen ruas Sababilah menuju Danau Sanggu di Kecamatan Dusun Selatan merupakan usulan dari masyarakat dan sarat dengan manfaat.

“Siapa bilang normalisasi Danau Sanggu itu tidak ada manfaatnya, malah sebaliknya banyak sekali manfaatnya bagi khususnya masyarakat warga Desa Sanggu yang telah menganjurkan program tersebut ke PUPR,” tegas Ita Minarni, Kamis (7 April 2024).

Dengan adanya normalisasi ini mempermudah akses warga Desa Sanggu dan sekitarnya terutama mereka yang berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperlancar arus udara agar mencegah terjadinya banjir di Desa Sanggu, memperlancar transportasi sungai bagi warga Desa Sanggu dan desa lainnya yang berada disekitar lokasi, serta sebagai upaya pengembangan Desa wisata.

“Contoh cafe terapung, rekreasi, tempat pemancingan dan yang lainya, namun tetap memegang konsep alami atau apa adanya,” beber dia.

“Kita tidak akan membuat suatu program jika tidak ada manfaatnya,” tegas Ita.

Sebab pekerjaan yang dilaksanakan oleh DPUPR pemerataan pembangunan di setiap desa maupun kecamatan, apalagi kondisi topografi di Barsel sendiri banyak sekali daerah rawa.

Sehingga dengan adanya program normalisasi semacam ini, selain memberikan dampak positif pada sektor pertanian dan perikanan, kondisi alam di bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut juga bisa tetap terjaga asri, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata.

“Program-program apapun itu akan kita akomodir selama dananya masih ada, bagaimana mau berjalan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya kalau infrastrukturnya tidak berjalan,” tukas ita. (AW/Red1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak