Festival Tanglong dan Lomba Bagarakan Sahur Meriahkan Ramdhan 1445 Hijriyah


Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan saat memberikan sambutan Rabu (03/4/2024).

BUNTOK, BBNews - Dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan 1445 H, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, menggelar festival tanglong 2024 dan lomba bagarakan sahur di Buntok, Rabu (03/4/2024).

Kegiatan tersebut tampak di hadiri Penjabat (Pj)  Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan, Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Purwanto, unsur Forkopimda, DPRD, sejumlah Kepala SOPD, tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat. 


Sebelum melepaas peserta, Pj Bupati mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran DPD KNPI Kabupaten Barsel atas kerja keras dan soliditasnya, sehingga festival tanglong 2024 dan lomba bagarakan sahur tersenbut dapat terlaksana dengan baik dan meriah. 

"Saya atas nama pemerintah daerah dan pribadi tentunya sangat mendukung kegiatan ini," ucapnya. 

Ia menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan wujud rasa syukur dalam menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, dimana festival tanglong tersebut sebagai wahana untuk tetap menjaga ciri khas budaya daerah sekaligus untuk menambah motivasi dalam meningkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadhan. 

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama umat muslim, sehingga kita dapat mewujudkan masyarakat Barsel yang rukun dan damai dengan dilandansi iman dan taqwa kepada Allah SWT," ujar pria alumni IPDN anggkatan tahun 2000 itu. 


Ia menuturkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif dan menjadi salah satu upaya dalam melestarikan tradisi budaya agama Islam dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin berkembang, apalagi kegiatan tersebut pesertanya banyak melibatkan generasi muda. 

Sebab, lanjutnya, generasi muda adalah generasi penerus bangsa dan merupakan gambaran masa depan suatu bangsa, maka dari itu kegiatan  tersebut perlu dukungan dari seluruh pihak, karena dengan dukungan adalah bentuk partisipasi dalam mendukung pembangunan bangsa dan daerah. 

"Kita berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan pesertanya juga bukan hanya dari Kecamatan Dusun Selatan saja, tetapi dari Kecamatan lainnya yang ada di daerah ini, sehingga acara ini bisa lebih meriah lagi," tutur H. Deddy Winarwan. 

Sementara, Ketua DPD KNPI Barsel, Akhmad Akmal Husaen menerangkan, ada 12 grub yang terdiri dari pengurus mesjid dan mushala serta  remaja mesjid di Kota Buntok, Kecamatan Dusun Selatan yang mengikuti lomba bagarakan sahur dan festival tanglong 2024.

"Sementara untuk jumlah keseluruhan peserta dari 12 grub ini kurang lebih sebanyak seribu orang lebih, karena pada satu grub disisi 50 hingga 100 orang," terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala BPKAD Kabupaten Barsel itu. 

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan KNPI Barsel dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan bulan suci Ramadhan, dan untuk mewujudkan terlaksananya kegiatan itu, KNPI Barsel telah melaksanakan rapat pembentukan panitia pelaksana kegiatan. 

"Kami berharap ditahun-tahun berikutnya peserta dari Kecamatan lain dapat ikut berpartisipasi dalam festival tanglong ini, dan semoga kami bisa menyelenggarakan event serupa lebih meriah lagi, sehingga masyarakat Kabupaten Barsel dapat terhibur," kata Akhmad Akmal Husaen. (Ali/Red1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak