DKPPP Barsel Gelar Workshop PPL

DKPPP Barsel Gelar Workshop PPL


Foto : DKPPP Barsel Gelar Workshop PPL digelar di Aula Hotel Afiat Jaya, Jalan Pelita Raya, Rabu 6 Maret 2024.

BUNTOK, BBNews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) melaui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) menggelar Workshop Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se Barsel dalam rangka peningkatan kompetensi dan kemampuan penyuluh pertanian di Buntok, Rabu (6/3/2024)

Kepala DKPPP Kabupaten Barsel, Hj Ida Safitri melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyuluh, Eka Wahyuni mengatakan, tema yang diusung pada kegiatan Workshop PPL adalah “Peningkatan Kapasitas Komunikasi serta Revitalisasi Penyuluh Dalam Membangun Pertanian” di Kabupaten Barsel.

Dikatakan, tujuan workshop tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kapasitas para penyuluh dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Kemampuan para PPL tentang desain sistem pertanian yang spesifik, seperti lokasi pertanian, akses pasar, pengelolaan irigasi dan penyusunan rencana kerja dari masing-masing kelompok tani yang mereka bina, kemeampuanya lebih ditingkatkan lagi,” kata  Eka Wahyuni disela kegiatan itu.

Dikatakannya, PPL memiliki tugas dan fungsi dalam memberikan penyuluhan kepada para petani melalui pendekatan terhadap kelompok tani, supaya pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usaha taninya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya masing-masing.

“Dalam melaksanakan tugas hendaknya para PPL bisa berjalan dengan efektif dan efisien, maka setiap penyuluh pertanian perlu melakukan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, kegiatan pembelajaran dan pengembangan pembelajaran kepada kelompok tani,” kata Eka Wahyuni.

Dengan mengikuti kegiatan workshop ini para PPL diharapkan mampu menerapkannya ilmu yang didapatkanya dan berbagi dengan kelompok tani di wilayah kerjanya, artinya para penyuluh pertanian dapat memberikan kontribusi kepada para petani yang dibinanya. 

“Kegiatan workshop PPL yang kita laksanakan ini berlansung selama 2 hari mulai tanggal 6-7 Maret 2024, sedangkan jumlah peserta sebanyak 98 orang PPL dari 6 Kecamatan se Kabupaten Barsel,” tutup Eka Wahyuni. ( lis/red1 )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak