Disdukcapil Kapuas Sampaikan Pentingnya Urus Surat Pindah Datang

 


KUALA KAPUAS, BBNews – Adapun surat pindah datang dapat diurus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sesuai daerahnya.

Surat pindah sendiri memiliki banyak manfaat, khususnya dalam hal administrasi kependudukan, sehingga penting untuk diurus.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Sipie S Bungai mengatakan manfaat surat pindah ini adalah sebagai bukti diri kedatangan bagi penduduk luar kota atau kabupaten yang datang untuk mengurus kependudukannya. 

Selain itu juga sebagai dasar penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di tempat yang baru.

“Surat pindah pada umumnya digunakan untuk melakukan update data kependudukan seperti di KK, KTP atau di pelayanan lain yang terhubung dengan database Dukcapil,” katanya, Senin (11/3/2024).

Dia juga menjelaskan, terkait kepindahan ini juga terdapat ada beberapa jenis kepindahan antaranya, pindah antar desa, pindah antar kecamatan, pindah antar kabupaten, pindah keluar provinsi dan juga pindah ke luar negeri.

“Sehingga, ini menjadi hal yang penting diperhatikan oleh masyarakat, dan diharapkan dapat mengurusnya,” pungkasnya.(AW/Red1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak