Kemenag Barsel Gelar Upacara HAB ke 78

 

H.Arbaja SAg saat menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya kepada ASN dilinkungan Kemenag Barsel Rabu (3/12/2023).


BUNTOK, BBNews - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, menggelar upacara dalam rangka memperingati Dirgahayu Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78, yang berlangsung di halaman Kemenag setempat, Jalan Pelita Raya Buntok, Rabu (3/12/2023).

Kepala Kemenag Barsel H Arbaja SAg MAP dalam sambutan nya sebagai pembina upacara mengatakan, memasuki tahun 2024 setiap insan terutama insan Kemenag memiliki makna baru, karena diawal tahun setiap tanggal 3 Januari diperingati sebagai kelahiran Kemenag sejak 3 Januari 1946 silam.

"Setiap memasuki tahun baru kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kemenag," ujarnya.

Ia menerangkan, Kemenag adalah salah satu Kementerian yang telah diusulkan oleh tokoh-tokoh bangsa sejak awal kemerdekaan, yang didirikan melalui Penetapan Pemerintah pada tanggal 3 Januari 1946 tepatnya dalam Kabinet Syahrir II, dan tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Amal Bhakti yang disingkat HAB setiap tahunnya.

Ia melanjutkan, dengan lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) RI nomor 58 tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama menjadi pedoman bagi pemerintah dan umat beragama dalam konteks penguatan moderasi beragama secara lebih komprehensif.

"Dengan Perpres tersebut kita dapat mencurahkan pengabdian kita sebagai insan Kemenag kepada seluruh umat beragama melalui Moderasi Beragama yang dilakukan lewat lintas Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah dengan Kemenag sebagai leding sektornya," terangnya.

Diuraikan, pada peringatan HAB ke-78 tahun 2024, Kemenag mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”, tema tersebut terinspirasi dari sebuah kesadaran akan pentingnya kebersamaan dan kerukunan umat dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Tema ini sekaligus amanat bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag untuk senantiasa melayani kebutuhan masyarakat luas dengan lebih profesional dan bermartabat, untuk memupuk kesatuan demi mewujudkan visi Indonesia yang lebih baik lagi," tutur pria yang akrab disapa bapak Arbaja itu.

Ia mengatakan, sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, Kemenag juga bertugas menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional, dengan memberikan layanan yang adil, transparan dan akuntabel untuk seluruh umat beragama.

H Arbaja menambahkan, selain itu juga Kemenag memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama yang moderat sebagai pondasi yang kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

"Jadikan momentum peringatan HAB ke-78 ini untuk menggugah kembali tekad kita agar dapat meneruskan amal bhakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia khususnya di Kabupaten yang bersemboyan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus," kata H. Arbaja. (Ali/Red.1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak