60 Desa di Barito Selatan Terendam Banjir


Bj Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan, terjun ke air untuk memberikan bantuan langsung kepada warga terdakpak banjir. (Foto Suwono)

BUNTOK, BBNews - Musibah banjir di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah di Bulan Januari 2024 ini telah merendam sebanyak 60 Desa dari 7 Kelurahan, 5 Kecamatan yang di huni oleh 16.000 Kepala Keluarga (KK) dan terdiri dari 61.000 jiwa.

"Ini adalah data terakhir sementara dan data ini masih dinamis yang masih bisa berubah setiap waktu," terang Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan saat meninjau dan meneyerahkan bantuan untuk warga Kecamatan Jenamas, Kamis (25/1/2024).

Deddy Winarwan memohon kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh wanita dan seluruh masyarakat Barsel tanpa kecuali, untuk berdoa bersama - sama semoga musibah banjir di bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini cepat berlalu berlalu.

Sejak ditetapkanya status Barsel menjadi tanggap darurat bencana bajir kemarin, Pj Bupati sudah mengunjungi puluhan Desa di Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, Kecamatan Karau yang terdambak bencana bajir.


Deddy Winarwan mengakui, telah meminta kepada Seretaris Daerah (Sekda) untuk menjadwalkan dan membagai kepada para pejabat lingkup Pemkab Barsel untuk ikut serta berkujung ke Desa yang terdampak banjir. 

"Kita membawa bansos, obat-obatan termasuk membawa tenaga kesehatan, sehingga kalau ada warga yang sakit, maka bisa  dilayani lansung ditempat," ujar Pj Bupati.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Barsel agar tetap berhati - hati dalam beraktifitas ditengah bencana banjir. 

"Jika ada masyarakat atau keluarga yang sakit, agar segera berkoorinasi dengan Ketua RT, Lurah, Kades, atau camat. Selanjutnya Pemerintah Daerah akan mengirim tenaga kesehatan," tukas Deddy Winarwan. (lis/Red.1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak