Kabut Asap Dinkes Bagi Masker


Kadinkes Barsel drg Daryomo Sukiastono MAP saat di bincangi awak media ruang kerjanya, Rabu (4/10/2023).

BUNTOK, Bintang Barito News - Kabut asap mulai melanda wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Untuk menghindari dampak tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah melakukan himbauan dan membagikan masker kepada masyarakat.

"Membagikan masker dan memberikan himbauan kepada masyarakat itu bertujuan untuk mengurangi dampak dari kabut asap yang sedang melanda wilayah kita," kata Kadinkes Barsel drg Daryomo Sukiastono MAP kepada awak media ini di ruang kerjanya, Rabu (4/10/2023). 

Daryomo yang akrab disapa dokter Yumi itu juga menguraikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan 12 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Barito Selatan untuk menyiagakan diri di tempat kerja serta terus menghimbau pada masyarakat tentang bahaya kabut asap ini.

"Dari data 12 Puskesmas yang sudah kami terima, bahwa dampak dari kabut asap ini berakibat meningkatnya penderita ISPA," beber Yumi.

Dia juga menguraikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan imun tubuh secara mandiri.
Antara lain, batasi aktivitas di luar ruangan, gunakan masker, perbanyak asupan air putih, jaga ruangan selalu tertutup, lindungi air minum dan makanan, menerapkan perlakuan hidup bersih dan sehat, cuci bahan makanan sebelum dikonsumsi serta berkonsultasi dengan dokter dan pihak medis.

"Kami yakin jika masyarakat kita mematuhi anjuran dari yang kami sampikan, Insya Allah kita akan terhindar dari inspa," kata Yumi. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak