Polres Barsel Simulasikan Sispam Kota Penanganan Konflik Sosial


Adegan Personel Polres Barsel dalam simulasi sispamkot di Buntok Senin (4/9/2023)

BUNTOK, Bintang Barito News - 
Polres Barito Selatan (Barsel) menggelar simulasi pengamanan kota (Sispamkota) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan personel dalam pengamanan rangkaian pemilu dan penanganan unjuk rasa serta konflik sosial di Stadion Olahraga Batuah Buntok Rabu (2/8/2023) pagi. 

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman SIK MIK, disaksikan oleh sejumlah unsur Forkopimda dan unsur pimpinan partai politik di Barsel.

Adegan yang di peragakan telah diatur dalam skenario, seluruh personel memerankan perannya masing-masing mulai dari patroli, pengawalan, pengamanan, mediasi, serta penanganan konflik sosial hingga situasi kontingensi yang mengerahkan pasukan pengendalian massa (Dalmas).


Kapolres AKBP Yusfandi Usman dalan kesempatan itu  mengatakan, simulasi tersebut dilaksanakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personel guna kesiapan mengamankan berbagai agenda Kamtibmas menjelang Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

"Latihan ini secara rutin dan akan terus dimantapkan guna meningkatkan kembali kemampuan personel terutama dalam penanganan konflik sosial," ujarnya.

Dia berharap, dengan rutinnya latihan, personel saat bertugas dilapangan nantinya dapat memahami SOP dan mengetahui cara bertindak yang cepat dan tepat apabila terjadi situasi kontingensi. 

"Salah satu nya melatih personel kita untuk cepat memahami situasi serta pengendalian diri agar tidak mudah terpancing emosi jika menghadapi permasalahan di lapangan," tegas Yusfandi Usman. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak