Pj Bupati Barsel Ajak Masyarakat Gemar Membaca Al-qur'an


Camat Dusel Evi Kusuma Wardhani menyerahkan trovy berhilir kepada Pj Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan untuk kembali di perebutkan Jumat (1/9/2023)

BUNTOK,Bintang Barito News - Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Dr H Deddy Winarwan mengajak masyarakatnya untuk gemar membaca Alquran.

Hal ini dikatakannya saat membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadist (MTQH) XLIII tingkat Kabupaten Barito Selatan di halaman Mesjid Agung Baiturrahman Buntok, Jumat (1/9/2023) malam.

Selain Pj Bupati Barsel H Deddy Winarwan, tampak hadir tamu kehormatan,  Ketua Umum LPTQ Kalimantan Tengah H Nuryakin yang juga menjabat sebagai Sekda Provinsi Kalimantan Tengah. 

Pj Bupati Barsel dalam pidatonya menyampaikan, MTQH ini bukanlah sekedar lomba untuk mencari Qori dan Qoriah serta  Khafid dan Khafidzah terbaik dalam melantun ayat-ayat suci Al-qur'an, akan tetapi lomba tersebut merupakan suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-qur’an, supaya dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.

"Ini salah satu upaya kita untuk mendalami arti, makna dan keindahan yang terkandungan dalam Al-qur’an, sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," ujarnya. 

Ia menuturkan, lomba MTQH ini juga sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam, agar umat islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya, dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang agamis khususnya di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini. 

"Tujuan lain MTQH ini juga sebagai wahana silaturahim dan sebagai pendorong semangat dan minat baca kita terhadap Al-qur’an, sehinga kedepannya semua umat islam khususnya di Kabupaten Barsel tidak ada lagi masyarakat yang buta huruf Al-qur’an, sehingga kita mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial," tutur H. Deddy Winarwan.

Sementara Ketua Panitia M Irfan Mpd mengatakan, pelaksanaan MTQH ke 43 tersebut dimulai dari tanggal 1 hingga 4 September 2023 mendatang dengan mengusung tema "Menyalami Kearifan Al-qur'an dan Hadist Relevansi dalam Era Modern".

Dari 23 cabang lomba yang akan dipertandingkan, kegiatan itu dikuti sebanyak 230 orang dari 6 Kecamatan yang ada Kabupaten Barsel.

"Semoga dengan terselenggaranya MTQH ini dapat memetakan dan mengukur sejauh mana kemampuan serta kompetensi para anak-anak kita yang mendalami ilmu Al-qur'an khususnya di Kabupaten Barsel, saya berdo'a serta berharap semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses hingga selesai," kata Irfan.(hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak