Pengurus DAD Barsel Masa Bakti 2023 - 2028 Resmi Dilantik


Foto : Prosesi pelantikan dan pengukuhan DAD Kabupaten Barsel masa bakti 2023 - 2028 di GPU Jaro Pirarahan Buntok Kamis (14/9/2023)

BUNTUK, Bintang Barito News - Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) masa bakti 2023-2028 resmi dilantik oleh pengurus DAD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), di Buntok Kamis (14/9/2023). Pelantikan tersebut dilakukan oleh Prof Dr Andrie Elia Embang sebagai pengurus DAD Provinsi Kalteng.

Dalam kesempatan itu Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan turut hadir dan mendapat penghargaan sebagai warga dayak kehormatan.

Prof Dr Andrie Elia Embang dalam sambutan mengucapkan selamat dan sukses kepada ketua terpilih Tamrzam serta seluruh pengurus DAD Kabupaten Barsel masa bakti 2023-2028.

"Laksanakan amanah organisasi ini dengan sebaik-baiknya sesuai tugas dan fungsinya, serta dapat menjadi contoh untuk masyarakat dimasa depan. Bersinergi dengan pemerintah dan semua stakeholder untuk membangun masyarakat Dayak dan membangun daerah yang kita cintai ini,"pintanya.


Sementara Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan  dalam pidatonya menyampaikan, rasa hormat dan terima kasih kepada Ketua DAD Kalteng dan Ketua DAD Barsel,  yang telah mendukung suksesnya acara pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Kabupaten Barsel masa bakti 2023-2028. 

"Saya pribadi merasa terharu sekaligus merasa terhormat, karena saya dan keluarga yang ditugaskan oleh pemerintah sebagai Pj Bupati telah diterima dengan tangan terbuka bahkan diberikan penghargaan, dinobatkan sebagai warga Dayak kehormatan," ujarnya. 

Ia menuturkan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel sangat menyambut baik dengan terbentuknya berbagai Ormas yang ada di wilayah Barsel sebagai perwujudan dalam melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, toleransi, dan budaya yang hidup dalam masyarakat. 

"Saya berharap, agar semangat dalam kebersamaan yang telah diwujudkan dalam kepengurusan organisasi ini, senantiasa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi, saya yakin, Insya Allah jajaran pengurus DAD Barsel ini, dapat mewujudkan tujuan organisasi kedepannya dengan baik dan sesuai dengan aturan dan ketentuan dalam sebuah organisasi yang berlaku di negara yang kita cintai ini," kata Deddy Winarwan.

Di tempat yang sama, Ketua terpilih DAD Kabupaten Barsel Tamarzan mengatakan, bahwa DAD merupakan ujung tombak bagi eksistensi Lembaga Majelis Adat Dayak Nasional (LMADN), bersama organisasi pendukung lainnya, baik Damang Kepala Adat, Batamad dan Mantir Adat merupakan kelembagaan adat yang memiliki peran dan fungsi strategis.

Karena, kelembagaan adat ini merupakan mitra kerja bagi pemerintah daerah sekaligus dapat menjadi rujukan utama bagi pemecahan dan penyelesaian masalah-masalah yang bersentuhan langsung dengan persoalan masyarakat dan hukum adat itu sendiri. 

"Dari sekarang, mari kita tingkatkan kebersamaan dan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk membangun sumber daya masyarakat dan membangun daerah daerah yang bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus,"kata Tamarzan. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak