Pemkab Barsel Helat Turnamen Catur se Kalteng

Pj Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan menyaksikan catur cepat Ketua Percasi Barsel Drs Lauto Jumat (8/9/2023).

BUNTOK, Bintang Barito News - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 64 Kabuapaten Barito Selatan (Barsel), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menggelar open turnamen catur se Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), bertanjuk Pj Bupati Barsel Cup di Buntok, Jumat (8/9/2023). 

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Barsel H Deddy Winarwan. Tampak hadir, sejumlah Kepala OPD, unsur Forkopinda, Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Barsel serta Ketua Umum Percasi Provinsi Kalteng.

Dalam pidatonya Pj. Bupati menyampaikan, pemerintah daerah berkeinginan agar euforia perayaan hari jadi Kabupaten Barsel tidak hanya juga dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten yang bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus saya, tetapi juga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Provinsi Kalteng pada umumnya.

"Dapat dilihat antusiasme seluruh masyarakat dalam rangka ikut serta memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Barsel ke-64 ini, tercermin pada saat pendaftaran turnamen catur yang begitu banyak, sehingga kami harus membatasi jumlah pesertanya," ujarnya. 


Ia menuturkan, catur adalah olahraga yang mengasah otak dan melatih konsentrasi, logika, strategi, dan kreativitas, dan catur juga merupakan olahraga yang menumbuhkan sportivitas, disiplin, dan tanggung jawab. 

"Secara pribadi saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh penyelenggaraan ini, karena diikuti oleh atlet-atlet catur dari daerah-daerah lain di luar Kabupaten Barsel, oleh karena itu saya berharap turnamen catur ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan antara para pecinta catur dari berbagai daerah," kata Deddy Winarwan.

Sementara Ketua Percasi Kabupaten Barsel sekaligus Ketua Panitia Drs Lauto menerangkan, sebenarnya seluruh Kabupaten/Kota se Kalteng sudah diundang untuk mengikuti turnamen tersebut, namun karena daerah lain sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti even Kejuaran Provinsi (Kejurprov) yang akan digelar beberapa bulan lagi, maka yang bisa mengikuti dan sudah terdaftar hanya enam Kabupaten. 

"Meski jarang diperlombakan, olahraga catur memiliki banyak manfaat, untuk itu mari kita saling mendukung dalam memajukan olahraga catur di Kalteng khususnya di Kabupaten Barsel, sebab dengan bermain catur dapat mencegah pikun dan menambah kecerdasan otak kita," kata Drs Lauto. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak