Panen Raya Padi Di Desa Damparan Dihadiri Wakil Gubernur Kalteng


Foto : H Edy Pratowo, Pj Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan dan seluruh pejabat lingkup Barsel melakukan panen Perdana di Desa Damparan Selasa (12/9/2023).

BUNTOK, Bintang Barito News -  Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) menggelar Panen Raya Padi Varietas Unggul di Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan tersebut nampaknya dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo, Penjabat (Pj) Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan dan seluruh pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.

Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Barsel atas upaya dalam membangun kawasan sentra padi seluas 195 hektar sehingga dapat melebihi target yang telah ditetapkan Gubernur Kalimantan Tengah yaitu 100 hektar.

Edy juga mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para petani untuk bahu membahu membangun ketahanan pangan di Kalimantan Tengah yang kita cintai ini, menjadikan Kalimantan Tengah semakin berkah untuk Indonesia maju.

"Perlu menjadi perhatian kita bersama, walaupun stok beras di Kalimantan Tengah masih aman, namun beras merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi di Kalteng," katanya.


Sementara Pj Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan menguraikan bahwa panen padi jenis inpari 42 dan inpari 43 merupakan panen Perdana di kawasan tersebut.

"Kita sangat bersyukur bahwa  pada tahun ini khususnya di wilayah Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir pada umumnya, semua persawahan masyarakat banyak yang sudah panen dengan hasil padi yang memuaskan," kata Deddy.

Diakuinya, berdasarkan laporan  DKPPP dan masyarakat setempat bahwa pada tahun lalu kawasan tersebut gagal panen yang disebabkan karena faktor alam yang tidak bersahabat.

"Semoga keberhasilan panen perdana ini akan terus berkesinambungan dari tahun ke tahun, untuk bisa mencukupi kebutuhan beras khususnya masyarakat di Desa Damparan, dan  masyarakat Barito selatan pada umumnya," tutup Deddy Winarwan. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak