Kemenag Barsel Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun


Kepala Bagian Kesra Setda Barsel Drs Sufian Arifin usai menyerahkan kain ihram kepada calon jamaah haji Barsel Kamis (14/9/2023)

BUNTOK, Bintang Barito News - Kementerian Agama kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng) Lauching Manasik Haji Sepanjang Tahun (MHST) estimasi keberangkatan 1445 Hijriyah /2023 Masehi di Buntok, Kamis (14/9/2023). 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Kalteng Dr H Noor Fahmi MM.
Tanpa hadir, Kepala Kemenag Barsel H Arbaja SAg MAg, Kepala Bagian Kesra Setda Barsel Drs Sufian Arifin dan ratusan calon jamaah haji Barito Selatan.

Kakanwil Kementerian Agama Kalteng H Noor Fahmi dalam
sambutannya mengatakan, membekali Calon Jemaah Haji (CJH) dengan pengetahuan ibadah Haji sejak dini merupakan salah satu strategi pemerintah dalam rangka mewujudkan kemandirian dan ketahanan para jemaah, ditengah semakin panjangnya antrian jemaah Haji yang berkonsekwensi semakin lamanya masa tunggu.

"Kegiatan MHST ini perlu dilakukan agar CJH mendapatkan pengetahuan tentang ibadah Haji serta aspek-aspek yang berhubungan dengan haji, sehingga kesiapan jemaah Haji jelang keberangkatan menjadi lebih baik dan sempurna, serta bisa meraih haji mabrur, mandiri, menguasai teori dan praktek pelaksanaan Haji," ujarnya. 


Foto bersama Kepala Kemenag Barsel H Arbaja SAg MAg, Kesra Setda Barsel Drs Sufian Arifin, JCH Barsel dan Kakanwil Kalteng Dr H Noor Fahmi MM

Sementara Kabag Kesra Setda Barsel Drs Sufian Arifin kepada awak media ini menuturkan, bahwa ibadah Haji merupakan ibadah yang kompleks, yakni harus mampu dari segala hal baik fisik, mental materi, serta ilmu pengetahuan tentang haji.

"Atas nama pemerintah daerah kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kemenag Kalteng dan Kemenag Barsel dalam persiapan penyelenggaraan ibadah Haji untuk  CJH estimasi keberangkatan tahun 1445 H/2024 M.
Semoga dengan adanya pelaksanaan MHST ini, CJH Barsel dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan mendapatkan predikat haji yang mabrur," tutur Sufian Arifin. 


Ditambahkan, Kepala Kemenag Barsel H Arbaja SAg, MAp, kouta jumlah CJH untuk Provinsi Kalteng pada estimasi keberangkatan tahun 1445/2024 sebanyak 1.612 orang, sedangkan untuk CJH Kabupaten Barsel berjumlah 171 orang. 

Diharapkan nya, dengan ada MHST ini, CJH Kabupaten Barsel dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, sehingga mendapatkan pemantapan bimbingan manasik haji secara kontiniu, agar memiliki bekal dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

"Ilmu manasik Haji ini sangat perlu didalami dan dipahami bagi CJH, karena ilmu ini bukan pekerjaan yang dilakukan setiap hari, mungkin kita bisa pelajari cuma seemur hidup satu kali," terang H. Arbaja. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak