KPHL Gerbang Barito Gelar Sisialisai Pengendalian Karhutla


Kegiatan sosialiaasi dan konsolidasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan wilayah UPT KPHL Gerbang Barito unit IX tahun 2023 di Buntok Selasa (17/5/2023)

BUNTOK, BINTANG BARITO NEWS - Kesatuan Pengelolaan hutan Lindung (KPHL) gerbang Barito unit IX Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah di Buntok Barito Selatan (Barsel)
menggelar Sosialisasi dan konsolidasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan Rabu (17/5/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota masyarakat peduli api (MPA) dari Dua Kecamatan yang dinilai rawan bencana kebakaran hutan. 

Kepala UPT KPHL Gerbang Barito Unit IX, Abdurrahman S Hut MP kepada awak media ini menerangkan, Dua Kecamatan yang dinilai rawan bencana kebakaran hutan itu adalah Kecamatan Dusun Selatan dan Kecamatan Jenamas.

"Untuk sejumlah desa di Kecamatan Dusun Selatan yang harus mendapat perhatian khusus adalah Desa Madara, Dusun Bambaler, Desa Baru, dan Desa Sababilah," terangnya.

Sedangkan untuk Kecamatan Jenamas, lanjut Abdurrahman, yaitu Desa Tabatan, Desa Rantau Kujang, dan Desa Rantau Bahuang.

"Berdasarkan hasil survei di desa-desa tersebut memang masih banyak hutannya dan sangat rawan untuk terjadi kebakaran," ucapnya.

Ia juga menerangkan, pada desa - desa yang dinilai rawan bencana tersebut, pihaknya sudah menyediakan berbagai peralatan pemadam kebakaran dengan menyesuaikan medan setempat.

"Untuk peralatan pemadam kebakaran yang sudah kami siapkan berupa pompa air, selang tahan api dan berbagai peralatan lainnya hingga alat transportasi nya," tutup Abdurrahman. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak