BINTANG BARITO NEWS

BERITA JELAS PEMBACA CERDAS

BLK Buntok Helat Pelatihan Berbasis Komputer


BUNTOK, BINTANG BARITO NEWS - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Provinsi Kalimantan Tengah melalui Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) di Buntok, Kabupaten Barito Selatan, menggelar pelatihan keterampilan kerja berbasis komputer.

"Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan orang-orang dalam usia produktif," ucap  Kepala Disnaketrans Provinsi Kalimantan Tengah Farid Wajdi
kepada wartawan usai membuka kegiatan tersebut di Aula UPT BLK Buntok, Rabu (1/3/2023). 

Di uraikan Farid Wajdi, melalui pelatihan itu para peserta nantinya bisa bekerja secara mandiri, sehingga keterampilan yang mereka dapat dari pelatihan tersebut dapat bermanfaat dengan baik, seperti membuka usaha sendiri atau bekerja di salah satu perusahaan yang sesuai dengan keterampilan para pserta masing-masing. 

"Saya berharap semoga kegiatan ini dapat menunjukkan efek positif bagi masyarakat serta mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khsusunya di Kabupaten Barito Selatan," ujarnya. 

Sementara  Kepala UPT BLK Buntok Imelda Teresia mengatakan, pelatihan tersebut tentunya sangat bermanfaat karena tersedianya tenaga kerja yang kompeten dan profesional untuk dapat bersaing di bursa kerja, serta tersedianya tenaga kerja trampil yang dapat mengisi kesempatan kerja atau dapat menciptakan lapangan kerja baru dalam usaha mandiri. 

Ia melanjutkan, pelatihan tahap I diikuti oleh 80 peserta yang masing-masing terbagi 16 orang
per paket pelatihan, dengan 7 kejuruan yaitu pelatihan operator komputer muda, pembuatan roti dan kue, pembuatan makanan berbahan ikan, pelatihan menjahit pakaian dengan mesin, pelatihan service sepeda motor mesin injeksi, dan pemasangan instalasi listrik serta tata rias kecantikan. 

"Kami memberikan pelatihan kepada peserta dengan usia produktif, yaitu usia 17 - 45 tahun dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja menuju tenaga kerja yang sejahtera," kata Imelda Teresia. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak