Gabungan Personel Polri dan TNI Siap Amankan Pilkades Serentak di Barsel

Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana bersama Forkopimda dalam apel Gelar Pasukan Pam Pilkades serentak di Barsel Selasa (15/11/2022)
BUNTOK, BINTANG BARITO NEWS - Sedikitnya ada 110 personel gabungan Polres Barito Selatan (Barsel) dan Kodim 1012 Buntok disiapkan untuk mengamankan pelaksanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Barito Selatan, pada 17 Nopember 2022 mendatang.

"90 personel Polres Barsel di tambah 20 orang personel dari Kodim 1012 Buntok  akan disebar di 33 Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 Kecamatan di Barsel yang akan melaksanakan Pilkades nanti," ucap Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman SIK kepada wartawan usai apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di Buntok, Selasa (15/11/2022). 

Ia mengatakan, Pilkades dapat dinilai sebagai penanda utama pesta demokrasi di wilayah hukumnya, karena masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya di periode mendatang. 

Menurutnya, Pilkades serentak tahun ini, memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing wilayah yang melaksanakannya, kondisi ini akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing calon Kepala Desa (Kades) dalam berkompetesi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya demi memenangkan kompetisi tersebut. 

Dijelaskan Kapolres, dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan, diantaranya yang cukup menjadi perhatian adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di kalangan masyarakat. 

"Untuk itu Polri harus mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen serta penegakan hukum yang profesional dan proporsional guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada semua pihak, bahwa beda pilihan itu wajar, namun jangan sampai hal itu menimbulkan perpecahan di antara warga. 

"Netralitas TNI-Polri siap diwujudkan untuk suksesnya pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Barsel. Jika ada pihak lain atau oknum masyarakat yang  diketahui secara sengaja ingin menggagalkan Pilkades ini, silahkan laporkan kepada petugas berwenang agar dapat ditindak tegas,” kata AKBP Yusfandi Usman. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak