Pelaku UMKM Barsel Dilatih Menjadi Pelaku Usaha Modern

BUNTOK, BINTANG BARITO NEWS - Pelaku Usaha Mikro  Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng) dilatih untuk menjadi pelaku usaha yang modern.

Kegiatan pelatihan transformasi digital untuk pengurus koperasi dan pelaku UMKM tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana S.Sos di Hotel Afiat Jaya Buntok Senin (5/9/2022).

Dalam kesempatan itu Lisda Arriaya menguraikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang sifatnya mengarah ke aplikasi digital, karena signifikansi digitalisasi koperasi harus sejalan dengan tantangan era Revolusi lndustri 4.0 yang menuntut seluruh kegiatan ekonomi bergeser dari metode konvensional menjadi lebih modern. 

"Makanya pelatihan ini sangat penting untuk para pelaku usaha kita agar dapat berkontribusi nyata dalam mendorong digitalisasi koperasi di daerah menuju koperasi modern, yang mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman," ungkap Lisda. 

Lisda juga menambahkan, pihaknya melalui Dinas terkait sudah mulai mendaftarkan semua produk dari UMKM yang ada di Kabupaten Barsel  melalui aplikasi TABE, dan juga akan didaftarkan di Tokokalteng Berkah, bahkan di aplikasi Shoppe. Tujuan nya agar karya  dan hasil kerjan dari pelaku UMKM tersebut bisa dilihat oleh masyarakat di seluruh Indonesia. 

Saya mengajak semua pelaku usaha dan semua masyarakat Barito Selatan untuk serius dan peduli membangun dan mengembangkan koperasi maupun UMKN di daerah kita ini," kata Lisda Arriyana. 

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng Hj Norhani mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan selama Lima hari dimulai dari tanggl 4 - 8 September 2022 dengan jumlah peserta 30 orang.

"Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan pengelola Koperasi tentang trasformasi Digital menuju koperasi modern dalam Pengelolaan Koperasi," katanya. 

Lebih lanjut diterangkannya, digitalisasi merupakan sarana bagi koperasi untuk dapat semakin optimal berperan membantu pelaku usaha maupun masyarakat dalam memperoleh akses modal dan pelatihan pengembangan usaha. 
 
"Melalui pelatihan ini, saya berharap pelaku UMKM di Kalteng khususnya di Barsel ini mampu mengoptimalisasi usaha koperasinya dengan berbasis digital," kata Hj. Norhani. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak