MPA Dapat Pelatihan Pembuatan Kompos Blok

BUNTOK, BINTANG BARITO NEWS - Sebagai bentuk dan upaya dalam penanganan hutan di wilayahnya, UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Gerbang Barito Unit IX Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah kembali melakukan pembinaan untuk Masyarakat Peduli Api (MPA), Selasa (26/7/2022).

Kegiatan yang di gelar di aula KPHL Gerbang Barito Unit IX tersebut diikuti oleh MPA Desa Sababilah, Desa Baru Dusun Bambaler, dan MPA Desa Madara Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kepala UPT KPHL Gerbang Barito Unit IX Abdurrahman, S. Hut, MP dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kasi Perlindungan KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat Sudarmanto, S.Hut  mengatakan, selain memberikan pelatihan tentang kebijakan pengendalian kebakaran hutan, pihak nya juga memberikan pelatihan tentang pemanfaatan hutan bukan kayu.

"Tujuan utamanya adalah untuk peningkatan SDM dan perekonomi masyarakat khususnya MPA di sejumlah Desa di Barsel," ujarnya.

Pelatihan tambahan tersebut adalah cara pembuatan kompos blok atau pembuatan pupuk media tanam yang dikemas bernilai ekonomis dan siap untuk dipasarkan.

Sudarmanto menambahkan jika masyarakat di wilayahnya telah bisa memproduksi kompos blok  tersebut, pihaknya juga siap membantu dan bekerjasama untuk memberikan arahan terkait jalur pemasarannya.

"Kami sengaja memberikan pelatihan tentang pembuatan kompos blok, karena saat ini media tanam simpel ini sangat banyak dibutuhkan oleh para pengusaha yang bergerak di bidang jasa pemeliharaan hutan dan perkebunan," kata Sudarmanto. (hly)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak